Home » » 5 Jenis Penyakit Ringan yang Menyerang Ibu Hamil

5 Jenis Penyakit Ringan yang Menyerang Ibu Hamil

5 Jenis Penyakit Ringan yang Menyerang Ibu Hamil - Kehamilan merupakan suatu proses yang sangat menyenangkan dan mengagumkan. Adalah suatu keajaiban yang tak terbayangkan sebelumnya, seorang bayi tumbuh dalam rahim seorang wanita dari hari ke hari hingga bulan ke bulan, sampai pada akhirnya siap dilahirkan dengan segala kesempurnaannya.

5 Jenis Penyakit Ringan yang Menyerang Ibu Hamil

Namun, di dalam perjalanan yang menyenangkan tersebut, tidak jarang timbul beberapa keluhan dan gejala kehamilan yang pada setap wanita berbeda-beda, dan tingkat keparahannyapun berbeda antara yang satu dengan yang lainnya.

Mungkin tidak semua ibu hamil mengetahui bahwa ternyata terdapat 5 jenis penyakit ringan yang seringkali menyerang ibu hamil. Berikut adalah beberapa penyakit ringan yang menyerang ibu hamil :

1. Keputihan

Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri : warna putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir tergantung siklus hormon, tidak berbau dan tidak menyebabkan rasa gatal. Namun, ketika cairan yang keluar dari vagina mengalami perubahan warna menjadi putih susu, keabuan, kuning kehijauan, berbau serta menimbulkan rasa gatal, panas dan lain-lain, hal ini perlu diwaspadai. Karena gejala keputihan yang seperti inilah keputihan yang tidak normal dan terjadi akibat adanya infeksi baktereri, jamur ataupun parasit. Keputihan kareena jamur biasanya lebih sering terjadi, hal ini dikarenakan adanya perubahan hormonal selama kehamilan. Keputihan yang tidak normal selama kehamilan harus segera diobati, karena jika tidak akan mengakibatkan persalinan prematur. Hal ini tentunya tidak diinginkan oleh semua calon ibu.

2. Infeksi saluran kemih

Adanya gangguan infeksi saluran kemih ini ditandai dengan adanya perasaan ingin buang air kecil terus menerus, sakit ketika kencing dan perasaan tidak tuntas saat berkemih. Pengobatan infeksi ini adalah dengan antibiotika, sehingga sebaiknya datang dan konsultasikan kepada dokter untuk pemilihan antibiotik yang tepat dan tidak membahayakan kondisi kehamilan. Bahaya jika penyakit ini tidak segera diobati, maka resiko bayi lahir prematur dengan berat lahir rendah adalah kemungkinan yang sering terjadi.

3. Infeksi lain

Wanita dapat mengalami ineksi dalam kehamilannya, namun yang harus diwaspadai oleh ibu hamil adalah beberapa penyakit infeksi seperti infeksi sitomegalovirus, herpes simpleks, toksoplasma, dan rubella (TORCH) yang dalam kehamilan dapat ditransmisikan melalui plasenta ke janin yang mengakibatkan kelainan kongenital pada janin. 

4. Hiperkoagulasi

Penyakit ini disebabkan oleh kehamilan itu sendiri. Hiperkoagulasi sendiri merupakan suatu keadaan dimana mudah terjadi bekuan darah yang dapat menyumbat pembuluh darah. Jika tidak segera diatasi, hal ini akan menyebabkan pendarahan paska melahirkan. Sayangnya, gejala awal dari hiperkoagulasi ini sendiri sulit dikenali  dan jarang disadari.

5. Anemia

Anemia dalam kehamilan merupakan hal umum yang terjadi pada ibu hamil. Hal ini disebabkan peningkatan kebutuhan pembentukan sel darah merah yang tidak diimbangi dengan asupan zat besi yang memadai. Anemia dalam kehamilan harus ditangani dengan cepat. Periksakan kondisi kesehatan Anda secara teratur, sertai dengan pola makan dan gaya hidup yang sehat. Suplementasi zat besi, vitamin B dab asam folat biasanya rutin diberikan untuk mencegah terjadinya anemia dan mengoptimalkan perkembangan bayi.

Sumber : http://pedulisehat.info/5-penyakit-ringan-yang-sering-menyerang-ibu-hamil/

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.