Home » » Kenali Penyebab Morning Sickness Saat Hamil Muda

Kenali Penyebab Morning Sickness Saat Hamil Muda

Penyebab morning sickness saat hamil muda - Mual dan muntah pada ibu hamil di trimester pertama kehamilan seringkali dialami ibu hamil. Adapun yang disebut dengan istilah morning sickness itu sendiri adalah merupakan masalah dan keluhan ibu hamil pada masa awal kehamilannya. Mayoritas ibu hamil akan mengalami morning sickness ketika usia kehamilannya lebih dari 6 minggu.

penyebab morning sickness saat hamil muda

Akan tetapi, morning sickness ini akan segera menghilang dengan sendirinya setelah usia kehamilan mencapai 4 bulan. Beberapa kasus juga ada yang mual dan muntah di pagi hari pada trimester ke-3 kehamilan. Sebaliknya, ada pula yang tidak merasakan mual dan muntah sama sekali selama periode kehamilannya.

Penyebab morning sickness

Ada beberapa yang menjadi pemicu timbulnya morning sicknes pada ibu hamil, diantaranya karena adanya perubahan hormon kehamilan (hormon estrogen) yang bisa terjadi kapan saja, dimana saja, dan dalam keadaan apapun sehingga tidak jarang para ibu hamil merasa aktivitas hariannya terganggu  pada trimester pertama kehamilan. Adapun gejala morning sickness ini timbul di pagi hari dengan frekuensi yang menurun setiap harinya dengan bertambahnya usia kehamilan.

Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab morning sickness pada ibu hamil :
  • Meningkatnya hormon progesteron, karena hal inilah terjadi pergerakan dari usus kecil para ibu hamil, kerongkongan dan perut dan akhirnya mengakibatkan rasa mual.
  • Meningkatnya hormon chorionicgonadotropin yang terjadi pada ibu hamil dan menyebabkan timbulnya rasa mual dan muntah pada tahap awal kehamilan.
  • Kekurangan vitamin B6. Kekurangan vitamin B6 ini mengakibatkan morning sickness dan lebih berat lagi, hyperemesis gravidarum yang mengakibatkan dehidrasi pada ibu hamil. Jika sudah parah, ibu hamil tidak bisa makan dan minum sama sekali, cairan dalam tubuhnya berkurang, gangguan elektrolit, kondisi tubuh lemas dan tidak bertenaga. Hal ini tentunya bisa membahayakan kesehatan janin dalam kandungan jika tidak diatasi dengan baik.
  • Meningkatnya sensitivitas pada bau. Para dokter berpendapat bahwa peningkatkan hormon estrogen bisa memicu sensitivitas pada hidung ibu hamil. Meskipun demikian, belum diketahui secara pasti apakah hormon estrogen benar-benar berpengaruh terhadap hal ini.
  • Stress. Beberapa ahli juga menilai bahwa respon rasa mual dan muntah-muntah yang dialami ibu hamil tersebut merupakan respon negatif akibat stress yang dialami. Akan tetapi, belum ada bukti konkrit terkait hal ini. Meskipun demikian, rasa mual dan muntah yang dialami juga menyebabkan ibu hamil semakin merasa stress.
Itulah sajian informasi mengenai morning sickness dan penyebabnya saat hamil. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda mengenai morning sickness. Jalani pola makan dan gaya hidup yang sehat agar tubuh Anda tetap sehat begitupula sang buah hati yang berada dalam kandungan. Salam sehat..

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.