Home » » Buah yang Harus dihindari Ibu Hamil

Buah yang Harus dihindari Ibu Hamil

Buah yang Harus dihindari Ibu Hamil - Kehamilan merupakan suatu perjalanan dan proses yang luar biasa bagi kaum hawa. Selain harus memenuhi diet dan aktivitas yang sehat, ibu hamil juga harus mewaspadai beberapa jenis makanan yang memang tidak dianjurkan dikonsumsi ketika masa kehamilan.

Kehamilan juga mempengaruhi sistem kekebalan tubuh seorang wanita, sehingga akan membuat ibu dan bayi lebih rentan terhadap bakteri, virus atau senyawa tertentu yang biasanya terdapat dalam makanan. Buah-buahan merupakan makanan yang sehat dan kaya akan kandungan nutrisi penting untuk kesehatan tubuh kita, akan tetapi tidak semua jenis buah-buahan baik untuk kesehatan ibu hamil. Ada buah-buahan tertentu yang harus dihindari dan tidak boleh dikonsumsi ibu hamil, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Durian
buah yang harus dihindari ibu hamil

Durian ini sebenarnya memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Namun tidak demikian bagi ibu hamil, mengkonsumsi buah durian memiliki sifat panas saat berada dalam perut, selain itu juga buah durian juga mengandung kadar alkohol. Orang normal saja jika kebanyakan makan buah durian akan merasakan pusing kepala, hal ini kemungkinan merupakan efek dari kadar alkohol tersebut. Selain itu, durian juga mengandung asam arachidonat, senyawa kimia yang merupakan pencetus pembentukan prorstaglandin. Sedangkan prostaglandin ini adalah senyawa yang bisa merangsang kontraksi rahim, dan bisa berakibat pada keguguran terutama pada trimester pertama, atau kelahiran prematur pada kehamilan di bawah 36 minggu.

2. Pepaya

Mengkonsumsi buah pepaya bisa menyebabkan keguguran. Hal ini terutama pepaya yang masih mentah atau setengah matang yang memiliki banyak getah (lateks), yang dikenal bisa memicu kontraksi rahim. Buah pepaya ini harus dihindari terutama selama trimester ketiga dan tereakhir kehamilan. Namun demikian, tidak perlu khawatir, hal ini tidak berlaku untuk pepaya yang benar-benar matang, asalkan kulitnya dikupas dan getahnya dicuci dengan bersih. Buah pepaya matang kaya akan kandungan vitamin C, mineral, serat,dll. yang bermanfaat untuk mencegah sembelit dan mulas. Pepaya yang dicampur degan madu dan susu juga merupakan tonik yang sangat baik untuk wanita terutama pada masa menyusui.

3. Nanas

Konsumsi buah nanas harus dibatasi dan bahkan jika perlru dihindari oleh ibu hamil. Nanas memiliki kandungan zat bromelain yang bisa mengakibatkan pelunakan pada leher rahim yang mengarah pada persalinan prematur.

4. Buah yang belum dicuci

Saran penting dan tidak boleh diabaikan oleh seorang wanita yang hamil adalah menerapkan pola hidup yang sehat. Cuci bersih semua perlengkapan dan perabotan rumah yang digunakan untuk makan, dan tidak ketinggalan cuci juga semua makanan termasuk buah-buahan yang dikonsumsi. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari bererbagai infeksi bakteri seperti toksiplasmosis. Selain itu, kulit buah yang tidak dicuci sangat mungkin menyimpan sisa pestisida yang membahayakan.

Buah-buahan merupakan salah satu asupan penting bagi tubuh kita dan menjadi bagian dari setiap diet kehamilan. Akan tetapi, kita harus berhati-hati untuk memilih jenis buah mana saja yang aman bagi kehamilan Anda. Terima kasih, semoga bermanfaat..

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.