Home » » Tips Alami Mengatasi Morning Sickness pada Ibu Hamil

Tips Alami Mengatasi Morning Sickness pada Ibu Hamil

Tips Alami Mengatasi Morning Sickness pada Ibu Hamil - Mual dan muntah yang dialami oleh ibu hamil mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan serta kesehatan janin. Oleh karena itu, ibu hamil dirasa wajib memiliki cara khusus untuk mengatasi morning sickness yang dialaminya. Karena meskipun gejala morning sickness ini sangat umum dialami oleh kebanyakan ibu hamil, bukan berarti bunda yang sedang mengandung membiarkannya begitu saja tanpa penanganan.

Cara Alami Mengatasi Morning Sickness

tips alami mengatasi morning sickness

Ada beberapa cara dan tips alami untuk mengobati dan mengatasi morning sickness pada ibu hamil yang bisa bunda lakukan sendiri. Adapun langkah sederhana mengatasi morning sickness antara lain adalah sebagai berikut :
  • Makanlah dalam porsi kecil tetapi lebih sering daripada sebelum hamil. Makan dengan porsi yang besar dan banyak hanya akan menyebaban perut meenjadi terlalu penuh dan tentunya hal ini akan memicu terjadinya mual.
  • Minum air putih yang cukup, hal ini akan bermanfaat untuk mengimbangi dan menecegah terjadinya dehidrasi, terutama ketika frekuensi mual dan muntah dirasa lebih sering terjadi. Jika Anda tidak ingin minum air putih, Anda dapat memilih teh peppermint atau teh chamomile. Kedua teh tersebut tidak hanya memberikan energi, tetapi juga mampu meredakan rasa mual. Hidrasi juga membantu dalam menjaga bayi tetap sehat.
  • Oleskan minyak esensial. Ada banyak kasus dimana aromaterapi telah terbukti efektif dalam mengatasi morning sickness. Anda bisa mencoba mencobanya dengan menggunakan beberapa tetes minyak esensial seperti peppermint, anggur, lemon, atau minyak essensial lainnya pada titik-titik nadi Anda setiap beberapa jam. Anda akan merasa rileks dan lebih nyaman apabila mengalami morning sickness. Yang harus kita perhatikan di sini adalah, perhatikan pemilihan minyak essensial yang nyaman dan natural serta tidak membahayakan.
  • Jahe. Jahe terbukti efektif untuk menenangkan rasa mual dan meringankan sakit perut. Bila jahe tidak membantu, Anda bisa menyediakan makanan ringan atau cemilan yang dapat mengurangi rasa mual.
  • Istirahat. Satu hal yang sering diabaikan kaum wanita, terutama bagi yang bekerja adalah meluangkan waktu untuk beristirahat. Jika Anda merasa lelah, maka cenderung akan mengalami mual. Tidurlah lebih awal dan jangan memaksakan tubuh Anda. Jika merasa sakit ketika Anda bangun, berbaringlah di tempat tidur untuk sementara waktu dan bangun secara perlahan. Jangan terburu-buru dan beri waktu pada diri Anda akan jauh lebih baik dalam situasi morning sickness.
  • Melatih kebiasaan makan yang baik. Anda mungkin tidak berselera untuk makan ketika mengalami morning sickness, tetapi penting untuk Anda tetap menjaga perut dalam keadaan terisi, karena jika perut kosong makan rasa mual akan lebih parah. Anda tidak perlu makan makanan yang tepat jika Anda tidak merasa seperti itu. Ngemil biskuit atau makanan kecil sebelum Anda bangun dari tempat tidur, Anda juga harus menyimpan cemilan sepanjang waktu.
  • Alihkan perhatian. Tidak mudah untuk memikirkan sesuatu yang lain ketika Anda merasa mual, tetapi jika Anda hanya berfokus pada rasa mual, maka ini akan bertambah buruk. Cobalah untuk menjaga diri Anda dan mengalihkan perhatian dengan kegiatan seperti membaca buku, berbicara dengan teman, memecahkan teka-teki atau pergi berjalan-jalan. Dengan melakukan apapun yang Anda bisa untuk tidak berfokus pada rasa mual, namun jangan memaksakan diri Anda jika merasa lelah.
Berkonsultasilah dengan dokter kandungan Anda untuk mengetahui lebih banyak informasi tentang morning sickness dan juga cara yang aman untuk mengatasinya, terlebih jika ini merupakan kehamilan yang pertama. Terima kasih telah menyimak sajian informasi tips alami mengatasi morning sickness pada ibu hamil. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda tentang morning sickness dan cara alami untuk mengatasinya.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.