Home » » Tahukah Anda 10 Kandungan Kimiawi dalam Kopi?

Tahukah Anda 10 Kandungan Kimiawi dalam Kopi?

JarmaHerbal - Kopi, sangatlah menarik jika kita berbicara mengenai jenis minuman yang khas dengan warna hitamnya ini. Bagaimana tidak? kopi sangat digemari dan menjadi teman saat waktu senggang dan mengawali berbagai aktivitas di pagi hari.

Tidak hanya kaum pria atau orang dewasa saja, penggemar kopi ini pun sangat beragam . Para remaja dan kaum hawapun menjadi penikmat minuman yang memiliki aroma khas ini.

10 Kandungan Senyawa Kimiawi dalam Kopi 
10 kandungan senyawa kimiawi dalam kopi
Simak juga :

Tahukah Anda bahwa kopi yang selama ini Anda konsumsi memiliki 10 kandungan senyawa kimiawi dan memiliki dampak terhadap tubuh kita? Yuk, kita simak sajian lengkapnya berikut ini :

1. Kafein

Kafein dapat ditemukan di dalam biji, daun dan buah dari beberapa tanaman. Dan kopi adalah salah satu tanaman yang memiliki kandungan kafein paling sering dinikmati oleh manusia. Kafein ini aman untuk dikonsumsi, tentunya dalam dosis tertentu.

Jika kafein yang dikonsumsi melebihi dosis yang ditentukan, akan menyebabkan ketergantungan dan konsumsi kafein dalam jangka panjang akan menimbulkan penyakit berbahaya seperti gangguan tidur (insomnia) hingga kanker.

2. Air

Air atau H2O ini merupakan salah satu bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kopi. Kandungan air dalam kopi ini merupakan sala satu bagian yang penting bagi tubuh, karena seperti yang telah kita ketahui bahwa 70% dari tubuh kita adalah air.

Meskipun kandungan air di dalam kopi terkadang tidak digunakan(biji kopi telah dikeringkan) namun kandungan air dalam kopiini adalah bagian dari senyawa kimiawi kopi.

3. Ethyphenol

Zat ini adalah aroma khusus pada kopi, zat ini juga mirip dengan tar dan mengandung pheromone.

4. Quinic Acid

Rasa asam pada kopi ditentukan oleh jumlah zat Quinic Acid ini, dan terkadang jumlahnya berbeda-beda. Zat ini juga digunakan dalam ilmu kedokteran sebagai bahan pembuat obat flu.

5. Dicaffeoylquinic Acid

Zat ini merupakan salah satu zat antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Meskipun kadar antioksidan ini tidak sebanyak pada tumbuhan lain, namun kopi adalah salah satu sumber zat antioksidan yang paling banyak dikonsumsi di dunia.

6. Dimethyl Disulfide

Pada biji kopi yang masih berwarna hijau atau belum dikeringkan dan disangrai, kandungan senyawa ini termasuk kandungan senyawa yang paling banyak. Zat ini pula yang menyebabkan feses menjadi bau, mirip dengan senyawa sulfur.

7. Acetylmethylcarbinol

Kandungan senyawa kimiawi dalam kopi inilah yang membuat kopi menjadi terasa gurih di lidah, dan zat ini juga bisa ditemukan dalam mentega.

8. Putrescine

Kandungan senyawa dalam kopi jenis ini dihasilkan oleh bakteri E. Coli, yaitu bakteri yang membuat sesuatu menjadi busuk. Dan putrescine ini merupakan senyawa yang dihasilkan dari pembusukan dari bakteri E.coli.

9. Trigonelline

Mungkin tidak semua orang mengetahui akan manfaat kandungan kimiawi trigonelline untuk kesehatan. Meski kadang seorang peminum kopi memiliki warna gigi yang agak kuning, namun zat inilah yang justru membantu gigi tidak mudah berlubang. 

10. Niacin

Niacin adalah salah satu senyawa kimiawi dalam kopi yang kurang baik bagi tubuh. Hal ini karena senyawa ini dapat menyerap vitamin-vitamin dalam tubuh, sedangkan vitamin itu sendiri sangat dibutuhkan oleh tubuh kita untuk menjaga kesehatan. Karenanya, minum kopi hanya dianjurkan paling banyak 2-3 kali dalam sehari.

Itulah 10 jenis kandungan senyawa kimiawi dalam kopi. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda mengenai kandungan apa saja yang terdapat dalam salah satu jenis minuman paling populer di dunia ini. Salam sehat.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.