Home » » Mengenal Penyebab dan Jenis Biang Keringat pada Anak

Mengenal Penyebab dan Jenis Biang Keringat pada Anak

JarmaHerbal - Penyebab dan jenis biang keringat pada anak. Biang keringat dalam istilah medis disebut Miliaria. Sebenarnya tidak hanya dialami oleh anak/balita, tetapi juga dapat terjadi pada orang dewasa. Namun, karena kulit bayi lebeih sensitif dibandingkan kulit orang dewasa, maka biang keringat ini lebih sering menyerang anak-anak.

penyebab dan jenis biang keringat pada anak
merupakan ruam kulit yang cukup mengganggu kenyamanan dan kesehatan anak. Biang keringat ini muncul karena tersumbatnya kelenjar keringat pada bagian tubuh tertentu, sehingga keringat terperangkap di bawwah kulit sebagai akibatnya timbullah peradangan. Biasanya biang keringat muncul pada saat anak mengeluarkan banyak keringat dari biasanya, miasalnya pada saat cuaca lembab atau panas. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan bahwa biang keringat dapat terjadi pada saat musim dingin.

Biang keringat pada anak/balita biasanya ditandai dengan munculnya bintik-bintik kemerahan yang biasa dijumpai pada bagian tubuh yang tertutup oleh pakaian, misalnya : punggung, lipatan leher, lipatan tangan, dan juga pada lipatan kaki. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan biang keringat ini juga dapat muncul pada bagian tubuh lain yang sama sekali tidak tertutup pakaian.

Biang keringat ini biasanya bisa sembuh dengan sendirinya. Namun pada kasus yang berat, tak jarang memerlukan perawatan medis. Sedangkan untuk pertolongan pertama, kita dapat mengatasinya dengan mencegah kulit agar tidak mengeluarkan keringat yang berlebihan.

Penyebab Biang Keringat
  • Saluran keringat belum matang, hal ini terjadi pada bayi karena bayi yang baru lahir saluran keringatnya belum bisa berfungsi sepenuhnya sehingga keringat akan terperangkap di bawah kulit. Biang keringat pada bayi biasanya akan muncul pada minggu pertama kehidupan, terutama jika bayi sedang dalam inkubator, demam, atau berpakaian terlalu tertutup.
  • Iklim tropis, cuaca lembab dan panas dapat menjadi penyebab terjadinya biang keringat.
  • Panas berlebih, dapat terjadi pada bayi ketika berpakaian terlalu tebal saat tidur di bawah atap seng atau asbes saat cuaca panas.
Jenis Biang Keringat

Berdasarkan perbedaan kelainan yang timbul atau terjadi pada kulit bayi atau anak, biang keringat dapat dibedakan menjadi beberapa macam, antara lain adalah sebagai berikut :
  1. Miliaria kristalina. Sumbatan atau biang keringat jenis ini terjadi pada bagian atas lapisan kulit. Biang keringat ini memiliki ciri-ciri : gelembung kecil dengan ukuranb 1-2 mm berisi cairan jernih seperti tetesan air. Biang keringat jenis ini tanpa disertai dengan munculnya kulit kemerahan dan muncul di daerah dahi, punggung, leher dan dada.
  2. Miliaria rubra. Sumbatan atau biang keriengat ini terjadi pada bagian tengah lapisan kulit, ciri-cirinya : gelembung kecil berukuran 1-2 mm dan berwarna kemerahan dan biasanya tersebar di bagian tubuh, dan juga bisa berkelompok. Biang keringat jenis ini biasanya juga disertai dengan rasa gatal dan perih bila sedang berkeringat. Biang keringat inilah yang sering ditemui dan mengganggu kesehatan serta kenyamanan sang buah hati tercinta. Biang keringat ini muncul di bagian-bagian tubuh yang tertutup dan tergesek oleh pakaian.
  3. Miliaria profunda. Sumbatan atau biang keringat ini terjadi pada bagian dalam lapisan kulit. Ciri-cirinya : bintil-bintil putih dengan ukuran 1-3 mm tanpa disertai dengan kulit kemerahan. Biang keringat jenis ini tidak menimbulkan rasa gatal dan biasanya jarang sekali ditemui. Muncul di daerah badan, lengan dan tungkai.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.