Home » » Ciri dan Perubahan Fisik Seseorang yang Hamil Muda

Ciri dan Perubahan Fisik Seseorang yang Hamil Muda

Jarmaherbal - Munculnya ciri fisik pada awal kehamilan akan dialami oleh seorang wanita pada minggu-minggu pertama kehamilannya. Perubahan fisik pada awal kehamilan ini meskipun terjadi pada banyak bagian tubuh, tetapi masih dalam skala kecil. Beberapa ciri atau perubahan fisik pada ibu hamil mungkin tidak akan terlihat, kecuali memang benar-benar diperhatikan.

ciri dan perubahan fisik pada awal kehamilan
Perubahan fisik dan tanda-tanda yang dialami seorang wanita pada awal kehamilannya sekilas memang terliat sepele, sulit untuk menyimpulkan suatu kehamilan jika hanya dengan mengamati perubahan fisik yang kecil saja. Semakin banyak perubahan fisik yang Anda temukan, akan semakin mudah untuk menyimpulkan bahwa itu menunjukkan kehamilan.

Sebagai seorang wanita, sangat baik bagi Anda untuk mempelajari dan membekali diri dengan pengetahuan tentang kehamilan. Tentu saja tujuannya untuk bisa lebih memahami berbagai kondisi yang nantinya akan Anda rasakan saat hamil, dan agar Anda tidak terlalu panik saat tiba-tiba harus merasakan kondisi yang ekstrim pada masa kehamilan.

1. Payudara membengkak

Ciri atau perubahan fisik peretama yang akan dialami oleh seorang wanita pada awal kehamilannya adalah rasa nyeri atau kesemutan di sekitar dada. Gejala tersebut merupakan salah satu gejala yang cukup umum, pada awal kehamilan payudara seorang wanita akan lebih berisi karena mempersiapkan diri untuk menghasilkan ASI. Biasanya organ tersebut akan lebih sensitif dibanding biasanya. Akan tetapi, jika seorang wanita sudah pernah menggunakan pil KB, gejala ini biasanya tidak akan muncul.

2. Bentuk tubuh berubah

Gejala ilmiah berikutnya pada wanita hamil adala postur tubuh yang bereubah. Mungkin jika beberapa minggu setelah berhubungan dengan pasangan, Anda merasakan atau mengalami perubahan bentuk fisik, seperti perut yang membesar, bokong membesar, serta bagian dada, lengan dan paha biasanya akan terlihat lebih besar daripada biasanya. Maka dari itu tak jarang kondisi tersebut akan membuat seorang wanita hamil seperti mengalami pembengkakan.

3. Sering buang air kecil

Seorang wanita akan lebih sering buang air kecil dan mengalami konstipasi. Secara umum, kondisi ini disebabkan oleh hormon hCG, pelepasan hormon terjadi sejak implantasi embrio di uterus, hormon ini juga yang menjadi indikasi kehamilan pada alat test pack kehamilan.

4. Mudah merasa lelah

Seorang wanita yang sedang hamil akan lebih mudah merasa lelah dibandingkan pada saat sebelum hamil. Pada awal kehamilan, biasanya seorang wanita akan menunjukkan gejala awal kehamilan dengan keinginannya bermalas-malasan di tempat tidur. Secara teori, hal ini dapat terjadi karena dalam tubuh sedang ada penyesuaian diri dengan adanya kehidupan baru, yaitu si janin. Selain itu, rasa lelah yang dialami ibu hamil juga biasanya disebabkan oleh hormon progesteron yang semakin meningkat, kadar gula yang menurun, dan tekanan darah yang menurun.

5. Morning Sickness

Rasa mual dan ingin muntah menjadi ciri berikutnya yang dialami ibu hamil pada awal kehamilannya. Gejala ini terjadi karena adanya peningkatan hormon hCG. Dinamakan morning sickness karena biasanya rasa mual tersebut terjadi di pagi hari, tetapi sebenarnya bisa juga terjadi sepanjang hari. Pada trimester pertama, para ibu hamil biasanya akan merasakan mual yang mengakibatkan rasa pedih pada lapisan perut dalam. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir, karena menurut beberapa penelitian morning sickness ini diduga terjadi agar wanita hamil tidak makan sembarangan dan bisa melindungi janin dari makanan-makanan yang justru akan membahayakan kesehatannya.

Simak :
6. Telat datang bulan

Telat datang bulan merupakan salah satu gejala umum yang terjadi pada wanita hamil dan sudah diketahui masyarakat luas. Ketika Anda merasa tidak datang bulan lagi, padahal jadwal haid sudah lewat beberapa hati atau minggu, pertanda tersebut bisa diartikan sebagai tanda-tanda kehamilan. Meskipun ada juga penyebab telat datang bulan lainnya, yaitu karena stress, diet atau karena hormon yang terganggu. Ciri atau gejala awal kehamilan muda biasanya wanita akan mengalami pendarahan berupa bercak darah yang dialami oleh implantasi janinpada dinding rahim.

Selain itu, perut akan terasa nyeri selama terjadinya proses implantasi embrio ke dinding uerus. Selain ciri dan perubahan pada seseorang yang ditunjukkan secara fisik, ada juga perubahan mood yang dialami ketika seseorang hamil muda. Sesekali merasa bahagia, sesekali merasa sangat marah karena masalah sepele, dan lain sebagainya.

Terima kasih telah menyimak sajian informasi ciri dan perubahan fisik seseorang yang hamil muda, semoga bermanfaat dan menjadi salah satu sumber referensi bagi Anda untuk membekali diri dengan pengetahuan seputar kehamilan dan tanda-tanda serta perubahan fisik yang dialami seseorang ketika pada masa awal kehamilannya. Semoga bermanfaat ya bunda..

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.