Home » » Mitos-mitos Kehamilan yang Populer di Masyarakat

Mitos-mitos Kehamilan yang Populer di Masyarakat

Mitos-mitos kehamilan yang populer di masyarakat - Banyak sekali mitos tentang kehamilan yang beredar di masyarakat dan tidak sedikit orang mempertanyakan kebenarannya. Proses kehamilan dan perkembangan janin saat kehamilan seringkali memunculkan antusiasme yang berlebihan, hingga berkembang menjadi sebuah mitos-mitos seputar kehamilan itu sendiri.

Mitos-mitos kehamilan yang populer di masyarakat

mitos-mitos kehamilan yang populer di masyarakat

Banyak sekali mitos-mitos mengenai kehamilan yang beredar dan sangat populer di masyarakat, berikut ini adalah beberapa mitos seputar kehamilan, yang mungkin Anda sendiri merasa penasaran akan kebenarannya. Adapun mitos-mitos yang telah beredar di masyarakat antara lain:

1. Makan yang banyak

Mitos ini benar-benar menjebak. Menjebak karena bisa dengan mudah dipercaya oleh ibu hamil karena alasannya memang masuk akal, makan yang banyak kan untuk 2 orang. Akan tetapi, tetap saja asupan makanan dan berat badan ibu dan janin harus dikontrol agar tidak berelebian dan bayi bisa terlahir secara normal. Yang benar adalah, ibu yang sedang hamil harus memperhatikan nutrisi dengan asupan gizi yang seimbang. Terlalu banyak makan justru akan menambah besar ukuran dan berat badan janin sehingga hal inilah yang justru akan meenyulitkan prosese persalinan.

2. Bentuk perut menunjukkan jenis kelamin bayi

Ada anggapan jika wanita hamil bentuk perutnya maju atau arah perutnya memebuncit ke atas menandakan bayi dalam kandungan adalah bayi laki-laki. Sedangkan jika bentuk perutnya melebar atau bentk perutnya rendah, maka bayi yang dikandung adalah perempuan. Nyatanya, bentuk perut saat hamil ditentukan oleh tonus otot. Jadi, bagaimanapun bentuk perut, ukuran, dan arah perut tidaklah menjadi masalah, yang terpenting adalah menjaga dan merawatnya dengan baik.

3. Makan nanas bisa menyebabkan keguguran

Nanas dianggap dapat menyebabkan keguguran. Namun sama seperti buah jeruk, nanas merupakan sumber serat dan vitamin C yang penting untuk menjaga daya tahan tubuh ibu hamil serta memebantu memperlancar BAB saat kehamilan. Seandainya terjadi gangguan pada tubuh saat mengkonsumsi, mungkin saat itu kondisi tubuh sedang tidak dalam keadaan fit atau memang ada alergi terhadap buah tersebut. Jadi, konsumsi nanas aman untuk ibu hamil selama jumlah yang dikonsumsi berada pada porsi yang wajar.

4. Minum air kelapa mempercepat persalinan dan memperlebat rambut bayi

Sebenarnya belum ada penelitian yang dapat membuktikan hal ini, karena kelancaran persalinan dipengaruhi oleh banyak faktor. Kalaupun sesaat setelah minum air kelapa Anda dapat melahirkan dengan lancar, mungkin janin dalam perut memang telah menunjukkan tanda-tanda persalinan.

Sementara mitos mengkonsumsi air kelapa hijau dapat membuat rambut anak menjadi lebat sebenarnya tidak ada hubungannya. Mengkonsumsi air kelapa sangat baik untuk ibu hamil karena dapat membantu mengatasi kekurangan cairan dan elektrolit yang terjadi ketika sang ibu hamil mengalami morning sickness pada trimester pertama.

Simak juga :

5. Suka makan asam berarti bayi laki-laki

Konn katanya jika ibu hamil sering ngidam makanan asam seperti mangga muda, maka akan melahirkan bayi laki-laki. Tentunya hal ini tidak bisa dibenarkan begitu saja, tidak ada jaminan medis apapun yang menyatakan bahwa jika seorang ibu hamil yang mengidam makanan asam akan melahirkan anak laki-laki.

6. Minum susu bayi jadi putih, minum kopi bayi jadi hitam

Minum susu membuat kulit bayi menjadi putih, minum minuman gelap sepererti kopi akan membuat kulit bayi menjadi gelap atau hitam. Hal ini sama sekali tidak benar. Warna kulit bayi ditentukan oleh kulit kedua orangtuanya, karena hal ini berkaitan dengan informasi genetik ayah dan ibunya.

7. Minum air es membuat janin besar

Bagi ibu hamil, minum dengan atau tanpa air es, sebenarnya tidak memiliki pengaruh apapun terhadap besar dan kecilnya janin dalam kandungan. Besar kecilnya bayi dalam kandungan sangat bergantung dari asupan makanan sang ibu.

8. Minum kopi sebabkan tanda lahir pada bayi

Tidak sedikit masyarakat yang meyakini bahwa wanita yang sering minum kopi saat hamil akan membuat bayi memiliki tanda lahir di tubuhnya. Tanda lahir berwarna kecoklatan pada bayi seringkali dikaitkan dengan konsumsi kopi saat hamil. Faktanya, meminum 1-2 cangkir kopi saat hamil tidak akan berepengaruh terhadap kesehatan dan perkembangan kulit bayi yang sedang dikandung.

Terima kasih telah menyimak sajian informasi mitos-mitos kehamilan yang populer di masyarakat. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda seputar mitos kehamilan sebagai pembekalan Anda ketika mengandung sang buah hat tercinta.

Sumber : http://www.brilio.net/life/8-mitos-pada-ibu-hamil-yang-perlu-kamu-tahu-ibu-hamil-1504176.html

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.