Home » » Selain Kopi, Inilah Beberapa Jenis Makanan dan Minuman dengan Kadar Kafein Tinggi

Selain Kopi, Inilah Beberapa Jenis Makanan dan Minuman dengan Kadar Kafein Tinggi

Jarma Herbal - Disadari atau tidak, saat kita membahas kafein, yang terpikirkan oleh kita adalah kopi. Mungkin karena penggemar minuman yang identik dengan warna hitam ini sudah tersebar di seluruh dunia. Dan kepopuleran minuman inipun sudah tak ada yang meragukan lagi.

Sebenarnya tidak hanya kopi yang memiliki kandungan kafein, ada beberapa jenis makanan dan minuman lain yang juga mengandung kadar kafein cukup tinggi. Hanya saja, mungkin saat ini minuman yang kita ketahui memiliki kandungan kafein hanyalah kopi.

Beberapa jenis makanan dan minuman dengan kadar kafein tinggi

1. Kopi
kopi, minuman dengan kadar kafein tinggi

Kopi mungkin adalah salah satu bentuk kafein yang paling umum dikonsumsi, karena kopi sendiri merupakan minuman yang populer dan memiliki penggemar yang tersebar di seluruh negara.

Berdasarkan laporan Medline Plus, dalam kopi seberat 226,8 gram, mengandung sektar 80-100 mg kafein. Meski demikian, ukuran penyajian dan jenis kopi sendiri bisa memberikan perbedaan yang berarti dalam jumlah kandungan kafeinnya.

Simak artikel menarik mengenai kopi :

2. Soft drink
soft drink

Minuman yang sering disebut sebagai minuman ringan ataupun minuman bersoda sama-sama mengandung kafein dengan jumlah yang berbeda-beda. Dalam 340 gram soft drink mengandung sekitar 23-69 mg kafein, tergantung dari merknya.

Namun, ada beberapa jenis soft drink yang mungkin bebas dari kandungan kafein, seperti sari jahe atau minuman dari bahan herbal lainnya.

3. Minuman berenergi

minuman berenergi

Dewasa ini, banyak sekali beredar produk-produk minuman yang menjanjikan bisa menjaga kondisi tubuh tetap berenergi. Tahukah Anda, bahwa dalam setuap satu botol minuman berenergi mengandung sekitar 6 hingga 242 mg kafein, tergantung dari jenis dan merknya.

4. Teh
teh

Beberapa minuman teh yang diseduh, terutama teh hitam dan teh hijau ternyata mengandung sejumlah kafein. Menurut US Departement of Agriculture National Nutrient Database, dalam 226,8 gram teh hitam mengandung kafein sebesar 47 mg.

Sedangkan menurut situs The Energy Fiend, teh hijau seberat 226,8 gram mengandung 25 mg kafein. Untuk teh celup instant, mengandung sekitar 26 mg kafein dalam setiap 226,8 gram nya.

5. Cokelat batangan
cokelat batangan

Biji kakao digunakan sebagai bahan dasar pembuatan cokelat. Cokelat batangan bisa mengandung jumlah kafein yang cukup tinggi. Semakin tinggi kadar kakaonya, maka semakin tinggi pula kandungan kafeinnya.

Menurut USDA National Nutrient Database, satu batang coklat seberat 162 gram, yang mengandung sekitar 45/59 % biji kakao, memiliki kandungan kafein sebeesar 70 mg.

6. Es krim
es krim

Tidak bisa dipungkiri bahwa es krim merupakan salah satu jajanan favorit anak-anak. Tak hanya anak-anak, seiring berkembangnya zaman dan berbagai inovasi terbaru dalam produk yang satu ini ini mampu menarik minat para penggemarnya dari berbagai kalangan.

Beberapa varian es krim mengandung kafein saat mereka menguanakan cokelat atau kopi sebagai bahan dasar pembuatannya. Kebanyakan es krim yang mengandung kafein, kadar kafeinnya berkisar antara 10 dan 45 mg dalam setiap 9,4 gram.

Terima kasih telah menyimak sajian informasi jenis makanan dan minuman dengan kadar kafein tinggi. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan tentang jenis makanan yang memiliki kandungan kafein. Dengan demikian, kita bisa lebih waspada untuk tidak mengkonsumsinya dalam jumlah berlebihan demi kesehatan tubuh kita. Salam sehat.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.